Home » » Pengumpulan Al-Qur’an Dalam Konteks Penulisannya Pada Masa Nabi

Pengumpulan Al-Qur’an Dalam Konteks Penulisannya Pada Masa Nabi

Walaupun Nabi Muhammad Saw. dan para Sahabat menghafal ayat-ayat Al-Qur’an secara keseluruhan, namun guna menjamin terpeliharanya wahyu Nabi beliau tidak hanya mengandalkan hafalan, tetapi juga tulisan.

Rasulullah Saw. mengangkat para penulis wahyu Al-Qur’an (asisten) dari Sahabat-Sahabat terkemuka, seperti Ali, Ustman, Muawiyah, Ubay bin Ka’ab dan Zaid bin Tsabit. Bila ayat turun ia memerintahkan mereka menuliskannya di batu, kulit binatang, pelepah korma, kulit kayu, pelana dan potongan tulang belulang binatang. Nabi menerangkan dengan terib urutan ayat-ayat itu.

Ini menunjukkan betapa besar kesulitan yang di pikul para Sahabat dalam penulisan Al-Qur’an. Alat-alat yang dapat digunakan tulis-menulis tiidak cukup tersedia bagi mereka, selain hanya sarana-sarana tersebut. Tetapi hikmahnya, penulisan Al-Qur’an ini semakin menambah kuat hafalan mereka.

Malaikat Jibril membacakan Al-Qur’an kepada Rasulullah pada malam-malam bulan Ramadhan setiap tahunnya. Abdullah bin Abbas berkata “Rasulullah adalah orang yang paling pemurah dan puncak kemurahannya pada bulan Ramadhan ketika beliau ditemui oleh Jibril. Beliau ditemuinya pada malam-malam bulan ramadhan. Jibril membacakan Al-Qur’an kepadanya dan ketika ditemui Jibril beliau sangat lembut dan pemurah bagai hembusan angin.”

Tulisan-tulisan Al-Qur’an pada masa Nabi tidak terkumpul satu mushaf. Biasanya yang ada di tangan seorang Sahabat misalnya, belum tentu dimiliki oleh yang lain, sebab apabila wahyu turun segera dihafal oleh para qurra’ dan ditulis para penulis. Tidak terkumpulnya Al-Qur’an dalam satu mushaf sebab pada waktu itu Nabi masih selalu menanti turunnya wahyu dari waktu ke waktu. Sesudah berakhir masa turunnya dengan wafatnya Rasulullah, maka Allah mengilhamkan penulisan mushhaf secara lengkap kepada para Khulafa’ul Rasyidin. Dengan demikian, jam’ul Qur’an (pengumpulan Al-Qur’an) dimasa Nabi ini dinamakan : a) Hifzhan (hafalan); dan b) Kitaban (Pembukuan)
Share this article :

Favorite Post


 
Support : Pendidikan | Islam | Dan Anak
Copyright © 2013. Komunitas Al-gazali Bone - All Rights Reserved
Template Created by Algazali Template Published by Komunitas Al-gazali Bone
Proudly powered by Yushan Blog Pribadi